PROFIL SEKOLAH
SDN Madyopuro 6 adalah salah satu sekolah dasar di
wilayah Kota Malang yang beralamatkan di Jln. Baran Gribig No. 32Desa/Kelurahan
Madyopuro Kecamatan Kedungkandang.
SDN Madyopuro 6 berdiri pada tahun 1983 dan mulai
beroperasi pada tahun 1984.
Sekolah ini
berdiri diatas tanah yang merupakan aset Pemerintah Kota Malang seluas 1400 m2
Sekolah ini memiliki 6 rombongan belajar dengan jumlah
siswa keseluruhan 173 anak, dengan perincian kelas satu siswa laki
– laki 12 dan siswa perempuan 12, kelas 2 siswa laki – laki 13 perempuan 19,
kelas 3 siswa laki –laki 19 perempuan 18,kelas empat laki – laki 11 perempuan
9, kelas lima siswa laki –laki 21 perempuan 13, dan siswa kelas enam siswa laki
- laki 14 perempuan 12.
SDN Madyopuro 6 memiliki jumlah ruangan sebanyak 19
ruangan dengan perincian 6 ruang kelas dalam kondisi baik, 1 musholla dengan
kondisi baik, 1 ruang kepala sekolah, 1 ruang guru, 1 ruang dapur, 1 ruang
olahraga, 1 ruang UKS, 1 rumah penjaga, 6 kamar mandi yang semuanya merupakan
bangunan permanen dalam kondisi baik, kecuali ruang UKS dalam kondisi rusak
ringan karena bangunan masih semi permanen.
Sumber daya manusia di SDN Madyopuro 6 semua
mempunyai kemampuan yangberdedikasi tinggi dengan perincian sebagai berikut :
·
Jumlah tenaga guru PNS 7 orang berijazah
S1 sejumlah 6 orang, 1 orang berijazah S-2, guru sukwan 2 orang berijazah S-1.
·
Untuk menunjang kelancaran manajemen
sekolah, kepala sekolah dibantu oleh 1 orang tata usaha.
·
Untuk membantu kelancaran perpustakaan
dibantu oleh 1 orang pustakawan.
·
Untuk kebersihan lingkungan dan keamanan
lingkungan sekolah dibantu oleh 1 orang penjaga sekolah yang berstatus PNS, dan
1 orang tenaga keamanan berstatus non PNS.
·
Prosentase kehadiran guru dan pegawai
tidak kurang dari 95 %.
Proses
belajar mengajar di SDN Madyopuro 6 berlangsung dengan baik, walaupun masih
perlu ditingkatkan. Pelaksanaan pembelajarannya PAKEM sudah berjalan, sehingga
di setiap kelas sudah menampakkan proses kegiatan pembelajaran PAKEM.
Pelaksanaan
penilaian hasil belajar peserta didik dilakukan secara berkesinambungan dengan
mengembangkan indikator per Kompetensi Dasar dan menggunakan tehnik penilaian
yang dipilih. Hasil penilaian diolah
untuk mengetahui hasil belajar yang kemudian dimanfaatkan untuk perbaikan
pembelajaran.
Hasil
penilaian mata pelajaran dilaporkan pada setiap akhir semester kepada kepala
sekolah dalam bentuk nilai prestasi belajar peserta didik diserati deskripsi
singkat untuk kelas satu, dua, empat dan lima.
Laporan hasil penilaian akhlak dan kepribadian ditulis dengan kategori
Sangat Baik, Baik atau Kurang Baik. Dari jumlah siswa yang ada siswa beberapa
yang memerlukan perhatian khusus karena mengalami kelambatan berpikir . Siswa
yang kategori cerdas ± 75 siswa dari jumlah keseluruhan.
Untuk
perkembangan ekstrakurikuler pada masing – masing kegiatan jumlah peserta tidak
berkurang yaitu sesuai dengan jumlah siswa yang ada.
SARANA
Sarana pembelajaran bisa dikatakan cukup baik
diruang kelas. Tempat duduk dan meja siswa yang ada di ruang-ruang dalam
kondisi cukup baik. Dan untuk media pembelajaran seperti IPA, MATEMATIKA,
BAHASA INDONESIA sebagian besar sudah tersedia dan jumlah buku semakin lengkap
karena dibelikan dari dana BOS.
PRASARANA
Prasarana penunjang pembelajaran semua kelas
tersedia sesuai dengan kondisi kelas masing – masing. Adapun tingkat keadaan
ruang yang ada antara lain :
·
Ruang kelas 95 % baik kurang baik 5 %
·
Ruang kantor 100 % baik
·
Ruang UKS belum memadai 50 %
·
Ruang Perpustakaan baik 90%
·
Keadaan kamar kecil baik 90%
Sekolahinimempunyaivisi”Sekolah
yang unggul dalam mewujudkan imtaq, insan yang bermartabat dan berbudaya serta
meningkatkan iptek dengan berwawasan lingkungan“.
dengan
misi yang
tersusunsebagaiberikut:
1.
Melaksanakan kegiatan keagamaan dengan
meningkatkan keimanan dan ketakwaan warga sekolah .
2.
Menyelenggarakan pembelajaran Scientific
dan bimbingan secara efektif dengan memperhatikan perbedaan individu.
3.
Melaksanakan pembimbingan secara intensif menuju prestasi.
4.
Membiasakan budaya 5 S ( Senyum, Salam,
Sapa, Sopan, Santun ).
5.
Melaksanakan program 7 K
6.
Membiasakan patuh
pada tata tertib sekolah .
7.
Membiasakan berbudi pekerti luhur.
8.
Membiasakan kemandirian belajar.
9.
Mengembangkan bakatminatsiswa.
Mengacu dari tujuan nasional yang berlaku saat ini,maka tujuan pendidikan
di SDN Madyopuro 6 adalah :
1.
Terlaksananya
pembiasaan keimanan, ketaqwaan, akhlak dan budi pekerti luhur.
2.
Terlaksananya
pembelajaran scientific dan bimbingan
secara optimal.
3.
Terlaksananya
tugas pokok dan fungsi guru.
4.
Tercapainya
lulusan dengan nilai rata-rata minimal 2,66.
5.
100
% lulusan dapat masuk SLTP / MTs.
6.
Tercapainya
nilai rata-rata UAS per mata pelajaran / tema minimal 7,00.
7.
Keikutsertaan
dalam lomba mata pelajaran dapat masuk
tingkat kota.
8.
Terciptanya
kedisiplinan dan ketertiban dalam bidang kehadiran, seragam dan administrasi.
9.
Tersedianya
sarana / prasarana yang memadai.
10.
Terciptanya
lingkungan aman, bersih, sehat dan indah.
11.
Terlaksananya
pengembangan diri siswa sesuai minat dan bakat.
12.
Terlaksananya KBM yang memanfaatkan
sumber belajar di lingkungan sekolah.
13.
Terlaksananya kegiatan pembelajaran menggunakan IT.
14.
Terciptanya kebiasaan siswa memanfaatkan
buku perpustakaan kelas / sekolah.
15.
Terlaksananya kegiatan sholat 5 waktu
berdasarkan jadwal dari sekolah.
16.
Terciptanya kebiasaan siswa
berkomunikasi pada guru dan orang tua
serta teman dengan santun.
17.
Terciptanya siswa yang mempunyai
kecakapan hidup ( lifeskill ) mumpuni.
Guna
mencapai tujuan yang ada, maka dilakukan berbagai strategi, yaitu
1.
Melaksanakan pembinaan Imtaq.
2.
Membiasakan beramal dan sodaqoh.
3.
Terlaksananya supervisi akademik secara
teratur.
4.
Mengikutsertakan guru dalam
pelatihan-pelatihan ketrampilan/skill.
5.
Melaksanakan pembelajaran dengan
menerapkan 5 M ( Mengamati. Menanya. Menalar. Mencoba. Mengkomunikasikan ).
6.
Adanya bimbingan belajar tiap hari pada
jam 06.00-07.00.
7.
Tersedianya sarana dan prasarana yang
mendukung.
8.
Adanya pembelajaran Bahasa Jawa kelas I s/d VI.
9.
Adanya pembelajaran Bahasa Inggris di
kelas III s/d VI sebagai kegiatan
ekstrakurikuler.
10.
Melaksanakan program Jumat bersih secara
berkala.
11.
Mengadakan lomba kebersihan dan
keindahan kelas.
12.
Mengadakan peringatan hari-hari besar
agama.
13.
Melaksanakan upacara bendera setiap hari
Senin dan hari besar Nasional
14.
Melaksanakan pembiasaan menyanyikan lagu
wajib nasional dan budaya membaca setiap hari
15.
Membiasakan anak salam, sapa, dan
berjabat tangan.
16.
Adanya sejumlah kegiatan ekstrakurikuler
antara lain :
·
Pramuka
·
Karate
·
Melukis / Mewarna
·
Tari
·
Qosidah
·
Pencak Silat
·
Menganyam
17.
Melaksanakan kegiatan lifeskill setiap hari
Sabtu setelah pembelajaran.
PRESTASI
SISWA
No
|
Nama
|
Sekolah
|
Prestasi
|
Juara
|
Tingkat
|
1
|
Putri Indra Dewi
|
SDN Madyopuro 6
|
Lomba Tari Perjuangan Kreasi Baru
|
III
|
Kota
|
2
|
Eka Andrian
|
SDN Madyopuro 6
|
Lomba Tari Perjuangan Kreasi Baru
|
III
|
Kota
|
3
|
Selvi Octavia
|
SDN Madyopuro 6
|
Lomba Tari Perjuangan Kreasi Baru
|
III
|
Kota
|
4
|
Yoga Pratama
|
SDN Madyopuro 6
|
Kejuaraan Karate Antar Pelajar
|
I
|
Kota
|
PRESTASI SEKOLAH
No
|
JenisPrestasi
|
Juara
|
Keterangan
|
1
|
1.
Juara 1
LombaAsamaulHusna Tk. Kecamatan
|
III
|
2014
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar